Blogroll

Rabu, 28 Desember 2011

Simple Coloring

Character Coloring Tips

Waktu dapet tugas Character Development dari dosen saya pak Jasson, saya bikin karakter seperti di bawah ini. Gimana? aneh kan? kayak yang bikin orangnya juga aneh 'n ga jelas T.T
saya cuma pengen nonjolin ke-Indonesia-annya aja sih. apalagi tuh keris super gede yang dibawa mas Duke Dragony.
Untuk teknik coloring, ini yang bisa coba saya sharing ke temen-temen:

1. Perhatikan arah cahaya, penting banget ni... >.<

Pencahayaan sangat mendukung keluwesan dalam coloring. umumnya hanya 1 cahaya, tapi klo pakai 2 cahaya juga bisa, dan klo bisa ngombinasiin dengan tepat, wow bisa terlihat makin ciamik. Yang perlu diinget jangan sampe cahaya saling tabrakan ato ga beraturan, bukannya luwes malah jadi aneh. YA Aneh kayak yang nulis ini T.T

2. Biasakan maen layer

Misal saya ambil coloring muka aja ya. Mungkin muka bisa dibagi jadi 5 layer
Layer 1: layer dasar banget... warnanya juga yang paling dominan...
Layer 2: layer shadow... warnanya pilih yang lebih gelap dari layer 1
Layer 3: layer apa ya namanya... uhm... layer between base and shadow kali yeey... karena ini sebagai jembatan antara warna gelap (shadow) dan warna dominan (dasar)
Layer 4: ini ga jauh beda ma layer 3. Bedanya cuma layer ini jembatan antara layer dominan sama layer 5, lhohhhh... lha mana layer 5 nya??
Layer 5: layer charming, yap... temen-temen pasti sering liat cewek-cewek Bandung kan? itu muka kalo kena cahaya bisa agak mengkilap-mengkilap, jadi bikin kita gimanaaa... gitu... Itulah fungsi layer 5. (penjelasan yang aneh tapi moga bisa dipahami :D )

Untuk bagian yang lain hampir sama koq tinggal menyesuaikan cahayanya aja :)

3. Teliti tiap detil

Bagian yang sepele tapi efeknya luar biasa! Jadi terus perhatikan tiap detil klo perlu tiap helai rambut, hehehe... Detil mungkin bisa kasat di mata, tapi justru ini yang akan menyentuh perasaan kepada yang melihat dan nantinya akan mengirimkan sinyal ke otak mereka kemudian otak memerintahkan mulut untuk berkata "YES! that's so COOL" :)

~Before

















~After


















Maaf klo sedikit yang bisa saya bagikan untuk tips coloring ini. Tapi semoga bisa berguna :)
see u next tips :)

0 comments:

Posting Komentar