Blogroll

Rabu, 11 Januari 2012

Psikologi Warna Dalam Desain

     Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu desain. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yang melihatnya. Di dalam terapi kesehatan, warna juga di gunakan untuk membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh. Selain itu lewat warna kita juga bisa mengetahui kepribadian seseorang lho.. Wow menarik kan?
Okey yuk langsung ke penjelasan warna beserta ilustrasinya :)


~Hitam
     Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Kamu yang menyukai warna hitam cenderung punya pemikiran yang konservatif. Sangat tahu apa kelebihan diri sendiri. Warna hitam juga cenderung membuat ingin tampil seksi dan percaya diri.
     Nah lo... om Batman salah satu orang yang demen banget pake warna hitam. Mungkin biar keliatan seksi yak liat aja tatapan om Joker, hihi

~Pink
     Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan ‘gairah yang berani’. Tetapi banyak juga desainer yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik. 
     Meskipun merupakan warna feminin atau girly, sebenarnya warna ini menyembunyikan kepribadian kamu yang misterius. Jadi, tak benar jika seseorang yang menyukai warna pink adalah sosok yang sangat girly, bisa jadi ia pandai memainkan gayanya.

      Aw.. aw.. aw.. cewek yang satu ini temen-temen pasti uda tahu kan, hehe... Agnes Monica charming banget pake pink... :)

~Merah
     Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya digunakan untuk memberikan efek psikologi panas, berani, marah dan berteriak. Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy.
Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat. Misalnya, foto hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja sudah bisa membuat foto tersebut menjadi terlihat berbeda.
     Kamu yang suka warna merah biasanya sangat suka berada di tengah banyak orang dan menjadi pusat perhatian. Selain itu juga suka berpetualang dan tak suka ditentang.

     Salah satu kartun 3D kesukaan saya nihhh... si pensiunan superhero plus istri dan anak-anaknya. Yup mr. Incredible sekeluarga memakan warna merah, sekali lagi warna yang kuat! :)


Biru
     Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang cool. Kalau di dunia desain, biru sering di sebut “warna corporate” karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang  dan bersifat penyendiri. Tapi efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang sedih.
     Seperti kesan yang didapat dari kejernihan warnanya, kamu yang menyukai warna biru adalah sosok penyayang dan berjiwa bebas. kamu percaya bahwa kecantikan dari dalam dirilah yang membuat Anda cantik seutuhnya.

     Sonic the hedgehog, karakter pecinta gaming jaman Sega Console secara dulu saya juga suka banget ma game sonic, hehe... Cool, Calm, Confident.. yeah that is Sonic that is Blue.
 
Orange
     Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu kuat dan hangat. Warna ini sering di gunakan pada tombol website yang penting, seperti ‘buy now’ , ‘register now’ dan lainnya yang sejenis, istilahnya adalah ‘call to action’ button. Pertanyaannya kenapa? itu karena oranye warna yang mencolok selain merah, jadi orang akan bisa fokus ke button-button tersebut walaupun dalam ukuran kecil. Dari sisi psikologis sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai untuk menarik perhatian orang.
     Warna ini menunjukkan kamu adalah orang yang tulus, menikmati tantangan dan hal-hal baru. kamu juga punya ambisi besar serta senang menjadi pusat perhatian.

     Uzumaki Naruto's Quote : "I won't run away anymore... I won't go back on my word... That is my ninja way"

 
Kuning
     Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan. Kuning masih satu keluarga sama Merah dan Oranye. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain kita. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah.
     Jika kamu suka warna kuning, maka kamu adalah orang yang optimis. Suka akan tantangan dan kegiatan di luar ruangan, terutama olahraga. Kamu adalah orang yang fleksibel dan punya intuisi yang kuat.

      Kyaaa... ada Spongebob Squarepants! hihi.. mungkin si pembuat karakter ini memang ingin mengajak kita untuk ceria selalu :D

 
Putih
     Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering dianggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah salah satu langkah yang tepat.
     Warna putih ini dikatakan sebagai warna netral, dan demikian pula dengan yang memfavoritkan warna satu ini. kamu cenderung pecinta damai dan tak suka memihak. Kamu juga termasuk orang yang tenang dan mudah berteman dengan siapa saja.

     heeehh... ini sapa om Edd? haduh-haduh... jadi maluuu... hihihi

 
Hijau
     Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya dikaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap. Jika warna merah bisa diibaratkan sebagai musik rock dengan hentakan keras dan cepat, maka warna hijau bisa diibaratkan sebagai musik klasik. Maka itu berhati-hatilah memadukan merah dan hijau, karena akan sedikit bermasalah.
     Jika kamu pecinta hijau, maka tak salah lagi, kamu adalah sosok pecinta lingkungan. Sekalipun mungkin kamu bukan orang yang terjun di dalam organisasi pecinta lingkungan, namun kamu berusaha menjaga lingkungan sekitar. Kamu juga sosok yang keras kepala, namun sekaligus teman yang menyenangkan.

     Biar ndak bosen dan lebih mengenal warna sekaligus warna bisa diaplikasikan ke media apa saja, sekarang untuk warna hijau contohnya logo yah, hehe.. tuh logo Greenpeace, sekedar info Greenpeace adalah suatu organisasi lingkungan global yang sangat tanggap terhadap kerusakan lingkungan hidup yang sekarang ini marak terjadi :(


     Nah itu dia warna-warna beserta penjelasan psikologinya, sekarang WARNA apa yang dominan kamu kenakan sehari-hari? :)
     Oh iya bagi temen-temen yang lagi naksir ma seseorang... hyuuukk.. jangan galauuu... pasti penjelasan di atas sedikit banyak berguna untuk mengetahui karakter doi, hehehe :D

Makasih udah baca dan sampai jumpa di posting berikutnya :)
  

0 comments:

Posting Komentar